Cara Alami Mengatasi Masuk Angin

Posted by Aan Aliudin on Saturday, December 1, 2012

Kali ini blog INFORMASI ONLINE update lagi, dengan informasi mengenai Cara Alami Mengatasi Masuk Angin yang tentunya dapat menambah pengetahuan sahabat-sahabat netter semua. Siapa sih yang tak pernah masuk angin? Bagi yang mengaku tidak pernah, mungkin anda tak menyadari atau tak tau gejalanya  sehingga mengaku tidak pernah.  Boleh dikatakan masuk angin adalah "penyakit" yang paling populer oleh semua orang Indonesia sehingga banyak produsen obat yang memproduksi jamu/obat penangkal penyakit ini. Bahkan ada sebuah produsen obat masuk angin yang dikenal oleh semua orang dengan slogannya “Orang Pintar, Minum ***** ***** (censorred)

Cara Alami Mengobati / Mengatasi Masuk Angin

Mungkin dari anda ada yang masih tidak tau dengan masuk angin, karena memang penyakit ini hanya dikenal oleh orang Indonesia atau boleh dikatakan hanya diderita oleh orang Indonesia (menurut wikipedia). Aneh kan? Memang terdengar aneh, bahkan para bulek sering membahas masalah masuk angin atau dalam bahasa inggris disebut catching cold di forum-forum. Nah, masuk angin adalah “penyakit yang diakibatkan oleh gas dalam tubuh yag berkumpul secara tak merata. Walaupun pada kenyataannya tidak ada bukti medis tentang penyakit “aneh” ini.

Penyebab masuk angin pun bisa diakibatkan oleh berbagai macam dan biasanya seperti kehujanan, kedinginan, terlalu capek, dan hal lainnya. Sebenarnya juga tak hanya itu, masuk angin adalah pencampuran antara kelelahan fisik, terlambat makan, dan akibat stres. Gabungan antara ketiga tersebut, muncullah gas dalam di lambung dan usus sehingga membuat penderitanya tersa mual.

Untuk gejalanya, hal yang paling sering dialami adalah rasa mual, tak enak badan, nafsu makan berkurang dan perut kambung.

Untuk mengatasi masuk angin, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan dan akan kita bahas kali ini. Simak tips berikut ini:

Teh Manis
Cara ini adalah cara yang paling mudah, yaitu cukup minum teh manis yang masih hangat. Sebaiknya anda meminum teh seduh bukan teh celup, karena teh seduh lebih berkhasiat dibandingkan teh celup.

Jahe Hangat
Jahe dapat mengatasi masuk angin karena bersifat menghangatkan. Caranya, ambil 2 ruas jahe sebesar ibu jari kemudian haluskan sampai benar-benar halus. Masukkan jahe tersebut kedalam 1 gelas air hangat dan jahe hangat tersebut siap diminum. Jika anda tak tahan dengan rasanya, bisa juga dicampur dengan sedikit gula atau madu.

Teh Mint
Caranya hampir sama dengan membuat teh biasa, tapi daun mint tak harus dalam keadaan kering karena daun mint sudah bisa mengeluarkan rasa khasnya walau tanpa dikeringkan. Caranya, gunakan 7-10 lembar daun mint, lalu rebus menggunakan 1 gelas air sampai mendidih. Biarkan hangat terlebih dahulu, lalu teh mint siap diminum.

Sup Panas
Sup panas juga dapat mengobat masuk angin, sebaiknnya anda membuat sup yang banyak mengandung sayuran.

Kerokan
Ini adalah yang paling sering dilakukan ketika masuk angin dan hampir semua orang pernah melakukannya. Gunakan minyak urut atau balsem sebelum tubuh anda dikerok agar efeknya lebih terasa dan jangan lupa menggunakan koin. Biasanya ketika sedang melakukan kerokan, kita akan bersendawa atau kentut, itulah tandanya angin dalam tubuh anda sudah keluar. Tapi ingat, jangan lupa menggunakan baju setelah kerokakan agar tak nampak “tulang ikan” di punggung anda. Hehe :D

Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment